Jumat, 13 Juli 2012

Kisah Inspiratif: Orang orang Buta dan Seekor Gajah


Kisah Inspiratif: Orang orang Buta dan Seekor Gajah

Suatu ketika seorang Raja di India utara memerintahkan pegawai pegawainya untuk mengumpulkan orang orang yang buta sejak lahir ke istana kota raja. Sang raja juga memerintahkan pegawainya untuk membawa seekor gajah ke istana. Orang orang buta ini sepanjang hidupnya belum pernah sama sekali mengerti apa itu gajah. Mereka tidak tahu seperti apakah gajah itu. Sekarang sang raja memerintahkan mereka untuk menyentuhnya. Mereka hanya diperbolehkan menyentuh bagian bagian tertentu saja, bukan gajah secara keseluruhan. Dengan cara demikian sang raja akan mendapat hiburan. Setelah beberapa waktu menunggu, mereka dipersilahkan mengatakan, bagaimana dan apa itu gajah.

Seorang buta yang telah meraba bagian kakinya membandingkan gajah dengan gelondong kayu. Seorang buta yang telah meraba perutnya membandingkannya dengan sebuah balon. Seorang buta yang telah meraba gadingnya membandingkannya dengan sebatang kayu yang bulat dan halus. Seorang buta yang telah meraba kepalanya membandingkannya dengan sebuah panci. Seorang buta yang telah meraba belalainya membandingkannya dengan selang air. Akhirnya seorang buta lain yang telah meraba bagian ekornya tidak mau ketinggalan. Ia membandingkan seekor gajah dengan tali tambang yang sudah rusak.

Masing masing dari mereka memiliki penjelasannya sendiri tentang seekor gajah. Karena gambaran mereka tentang gajah berbeda, mulailah mereka bertengkar. Masing masing sangat yakin bahwa hanya penjelasannyalah yang paling benar dan kepunyaan yang lainnya salah. Akhirnya mereka saling berantem dan dengan demikian sang raja terhibur.

Siapakah yang salah dan siapakah yang benar ? Adakah seorang dari mereka memiliki kebenaran ? Yang pasti sang rajalah yang salah karena telah mempermainkan orang buta. Bagi orang orang buta sejak lahir sangatlah sulit. Masing masing dari mereka telah menggambarkan dengan tepat apa yang mereka rasakan. Mereka telah melakukannya dengan benar. Masing masing mengatakan kebenaran. Tak seorang pun berbohong karena mereka hanya diperbolehkan meraba bagian bagian tertentu saja, tidak gajah secara keseluruhan.

Kesalahan dari masing masing orang buta tersebut bukan soal kualitas dari penjelasannya, melainkan keyakinan dan pernyataan tentang gajah secara keseluruhan dan menganggap penjelasannyalah yang paling benar. Tak seorang pun memiliki gagasan bahwa masing masing hanya menjelaskan satu bagian saja. Seandainya mereka sadar bahwa mereka hanya menjelaskan satu bagian saja, sebenarnya mereka mampu mengerti kebenaran gajah secara keseluruhan.

Pesan moral:
Barangsiapa mau membagi pengetahuan dengan orang lain, ia tak akan sedikit pun kehilangan. Justru sebaliknya, jika pengetahuan dibagi, pengetahuannya tidak akan berkurang melainkan bertambah. Kita manusia memang seperti dongeng orang orang buta ini. Kita tetap buta, kita mirip mereka ini :
1. Kita hanya mengambil sebagian (secuil) dari keseluruhan sebuah kenyataan.
2. Kita hanya memahami sebagian (secuil) dari kekomplekan sebuah kenyataan.
3. Kita hanya memegang sebuah pengertian yang terbatas dari seluruh kenyataan.
4. Kita hanya ingin selalu melawan dan menentang apa yang berbeda dari kita.
5. Kita berjuang mati matian mempertahankan pernyataan kita sebagai satu satunya kebenaran.
6. Kita hanya ingin tampak pandai dengan perselisihan, bukan belajar.
7. Kita harus bertindak ini (menerima, mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan orang lain), jika kita ingin mengetahui lebih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More